Pada pembahasan kali ini akan saya
jelaskan bagaimana cara research keyword yang akan kita jadikan backlink,
baik keyword untuk program PPC (Pay Per Click) seperti google adsense atau
keyword untuk jualan online. Sebelum anda memilih keyword tentukan terlebih
dahulu segmentasi keyword anda untuk google.com atau google.co.id atau mungkin
untuk keduanya tapi diantara keduanya setidaknya ada satu yang paling di
prioritaskan, tidak semua keyword memiliki nilai jual dalam artian bisa saja
ketika keyword anda sudah ada di urutan paling atas search engine seperti google atau yahoo tapi trafik atau visitor ke
website anda setiap harinya masih saja sedikit itu dikarenakan anda memilih
keyword yang salah, lalu di mana letak kesalahanya? Letak kesalahanya
disebabkan sedikitnya jumlah pencari keyword tersebut jika hal itu terjadi
kepada anda kemungkinan besar anda memilih keyword yang lokal & global
searchnya (pencari keyword tersebut melalui search engine) sedikit atau di bawah
1000 perbulan.
Memilih
keyword adalah hal yang paling prioritas dalam SEO (Search Engine
Optimization) jika pada tahap ini anda sudah salah kemungkinan besar
kedepanya anda akan selalu tidak beruntung dan hanya menghabiskan waktu berjam-jam
di depan komputer. Oleh karena itu saya sarankan agar anda memilih keyword yang
lokal & global monthly searchnya di atas 5000 agar trafik atau visitor ke
website anda pun bisa bertambah. Pada dasarnya semakin banyak jumlah pencari
keyword tersebut semakin besar kemungkinan banyaknya trafik yang akan datang ke
website anda namun sebaliknya semakin sedikit jumlah pencari keyword tersebut
semakin sedikit trafik ke website anda, seiring banyaknya jumlah pencari keyword tersebut semakin sulit
juga tingkat SEO-nya karna semakin banyak juga jumlah pesaingnya di search
engine di sinilah tingkat kesulitanya kita harus mencari keyword yang jumlah
pencarinya banyak namun kompetitornya sedikit. bagi para pemain adsense
biasanya bisa mencari keyword mengikuti perkembangan keyword pada saat ini atau
bahasa gaulnya keyword yang lagi ngetrend saat ini untuk versi free anda
bisa menemukan keyword-keyword tersebut
di google trend atau google keyword tool, sementara bagi anda yang hanya
menjalankan jualan online anda bisa menemukan ide-ide keyword baru di google
keyword tool caranya sangat mudah anda cukup mendaftar di google keyword tool
kemudian anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk melakukan research
keyword anda.
Di
sini saya berikan contoh misalnya anda sudah menemukan keyword yang cocok untuk
jualan online anda katakanlah keyword itu misalnya “Jual Baju Murah” keyword jual baju murah ini harus sesuai dengan
konten yang ada pada url website anda jangan sampai keyword yang anda pasang jual baju murah namun isi dari konten website
tersebut jual laptop atau barang elektronik, dengan keyword dan
konten yang tidak sesuai selain akan mengecewakan visitor yang datang ke
website anda anda juga berkesempatan mendapatkan hukuman dari google, Jadi
cocokkan antara keyword dan konten website anda.
Disini
akan saya jelaskan secara singkat bagaimana mencari keyword dengan menggunakan
google keyword tool, silahkan buka
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Masukan kata kunci yang
anda inginkan, disini saya mencoba untuk mendapatkan detail dan turunan keyword
lainya dari jual baju murah saya
setting di opsi lokasi Indonesia karecna memang target keyword saya hanya untuk
di Indonesia bahasa saya setting semua dan perangkat saya setting desktop dan
laptop. Namun jika target keyword anda google.com maka anda ubah Negara pada
opsi menjadi semua Negara atau Amerika
Serikat dan rubah bahasanya menjadi bahasa inggris.
Disini
dapat kita lihat bahwa kata kunci jual
baju murah memiliki persaingan tingkat menengah dengan penulusuran bulanan
global 8.100, maksud dari penulusuran global adalah total pencarian dari
seluruh Negara yang ada dan penulusuran bulanan lokal 6.600 dan maksud dari
penulusuran bulanan lokal adalah total pencarian keyword ini di Indonesia. Jika
melihat dari global dan lokal keyword ini sudah memenuhi syarat jumlah
pencarianya dengan katagori saingan menengah jadi bisa di pastikan jika kita
memilih keyword ini akan mendatangkan banyak visitor dan trafik ke website
kita.
Lalu
kemudian anda perhatikan di bagian selanjutnya ada beberapa ide keyword baru
yang masih berhubungan dengan keyword jual
baju murah seperti baju wanita, baju
online, butik online, dan lain-lain.
Dalam tabel di atas kita bisa lihat tertera detail jumlah pencarian global dan
lokal dengan begitu kita bisa memilih keyword yang jumlah pencarinya banyak,
ingat semakin banyak jumlah pencari keyword tersebut semakin besar kemungkinan
mendatangkan trafik ke website anda.
Setelah
itu anda cek kembali jumlah Real Kompetitor keyword tersebut di google.co.id
(karena target keyword jual baju murah adalah
Indonesia) dengan cara mengetikkan keyword tersebut dengan menggunakan tanda
kutip “Jual Baju Murah”.
Dari
sini kita bisa simpulkan jumlah kompetitor keyword jual baju murah ada 3.850.000, jumlah kompetitor seperti ini masih
terjangkau usahakan memilih keyword dengan jumlah saingan yang masih dibawah
10000.000 agar memudahkan anda dalam mengerjakan SEOnya tapi jika memang anda
sudah merasa mampu dengan jumlah kompetitor di atas 10000.000 tidak ada
masalah.
Selain dengan menggunakan google
keyword tool khususnya pemain adsense anda dapat menggunakan fasilitas gratis
yang disediakan oleh google yaitu google trends fungsi dari google trends
adalah untuk mendapatkan keyword yang sedang populer saat ini atau anda juga
dapat mensetting tanggalnya agar dapat memilih keyword-keyword yang populer
sesuai dengan tanggalnya masing-masing
Dari
gambar di atas kita bisa lihat ada 10 keyword yang sedang populer saat ini jika
anda ingin lihat lebih dari 10 keyword yang di tampilkan silahkan klik tautan More Hot Searches untuk menampilkan
hasil yang lebih banyak, metode ini dapat anda gunakan untuk mendapatkan
keyword-keyword yang sedang populer, jangan lupa setelah anda mendapatkan
keyword yang pas dengan keinginan anda, anda cek kembali keyword tersebut di
google keyword tool untuk mendapatkan hasil pencarian global, lokal dan CPC (Cost
per Click) yang akurat.
Untuk para pemain adsense untuk
mendapatkan estimasi CPC (Cost Per Click) anda harus login terlebih dahulu di
google keyword tool, mengecek CPC sangat penting sekali karena dari sini kita
bisa mengetahui berapa kira-kira biaya per klik dari iklan adsense yang
dipasang di website kita sehingga kita bisa memilih keyword mana saja yang
memiliki CPC tinggi dan menghindari keyword yang memiliki CPC rendah dari
gambar dibawah ini kita bisa liat keyword News Channel 5 memiliki persaingan
rendah namun dengan pencarian global dan lokal yang sangat tinggi ditambah
dengan CPC 1.472
Agar
lebih mengoptimalkan proses SEO anda bisa memilih keyword on domain, apa itu
keyword on domain? Keyword on domain adalah menyamakan antara keyword dan
domain anda misalkan anda tertarik dengan keyword jual baju murah maka sebaiknya anda memilih domain http://jualbajumurah.com
atau jika anda menggunakan blogspot/wordpress http://jualbajumurah.blogspot.com
dengan metode ini akan mempermudah proses SEO website anda karna domain dan
keyword yang anda pasang sesuai.
Jika
tahap keyword on domain sudah anda selesaikan sekarang anda tinggal mengisi
konten website anda ingat sesuaikan konten website anda dengan keyword yang
sudah anda tetapkan. Jangan lupa selau membuat konten original pada website
anda ada istilah “Content is The King”
atau konten adalah raja karena yang membuat sebuah website itu menarik atau
tidaknya ditentukan dari konten website tersebut semakin unik dan original
kontennya maka semakin senang juga orang datang untuk membaca konten-konten
tersebut di website anda. Kembali ke original konten usahakan anda membuat
konten yang original karena dari sini google pertama kali menilai website anda
semakin original konten anda semakin besar nilainya di mata google dan semakin
mudah juga proses SEOnya dan pastinya anda akan terhindar dari duplicat content
penalty.
0 comments:
Post a Comment
Komen yang tidak sesuai akan dihapus