Pages

Cara Research Keyword



            Pada pembahasan kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara research keyword yang akan kita jadikan backlink, baik keyword untuk program PPC (Pay Per Click) seperti google adsense atau keyword untuk jualan online. Sebelum anda memilih keyword tentukan terlebih dahulu segmentasi keyword anda untuk google.com atau google.co.id atau mungkin untuk keduanya tapi diantara keduanya setidaknya ada satu yang paling di prioritaskan, tidak semua keyword memiliki nilai jual dalam artian bisa saja ketika keyword anda sudah ada di urutan paling atas search engine seperti google atau yahoo tapi trafik atau visitor ke website anda setiap harinya masih saja sedikit itu dikarenakan anda memilih keyword yang salah, lalu di mana letak kesalahanya? Letak kesalahanya disebabkan sedikitnya jumlah pencari keyword tersebut jika hal itu terjadi kepada anda kemungkinan besar anda memilih keyword yang lokal & global searchnya (pencari keyword tersebut melalui search engine) sedikit atau di bawah 1000 perbulan.
Memilih keyword adalah hal yang paling prioritas dalam SEO (Search Engine Optimization) jika pada tahap ini anda sudah salah kemungkinan besar kedepanya anda akan selalu tidak beruntung dan hanya menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Oleh karena itu saya sarankan agar anda memilih keyword yang lokal & global monthly searchnya di atas 5000 agar trafik atau visitor ke website anda pun bisa bertambah. Pada dasarnya semakin banyak jumlah pencari keyword tersebut semakin besar kemungkinan banyaknya trafik yang akan datang ke website anda namun sebaliknya semakin sedikit jumlah pencari keyword tersebut semakin sedikit trafik ke website anda, seiring banyaknya  jumlah pencari keyword tersebut semakin sulit juga tingkat SEO-nya karna semakin banyak juga jumlah pesaingnya di search engine di sinilah tingkat kesulitanya kita harus mencari keyword yang jumlah pencarinya banyak namun kompetitornya sedikit. bagi para pemain adsense biasanya bisa mencari keyword mengikuti perkembangan keyword pada saat ini atau bahasa gaulnya keyword yang lagi ngetrend saat ini untuk versi free anda bisa  menemukan keyword-keyword tersebut di google trend atau google keyword tool, sementara bagi anda yang hanya menjalankan jualan online anda bisa menemukan ide-ide keyword baru di google keyword tool caranya sangat mudah anda cukup mendaftar di google keyword tool kemudian anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk melakukan research keyword anda.
Di sini saya berikan contoh misalnya anda sudah menemukan keyword yang cocok untuk jualan online anda katakanlah keyword itu misalnya “Jual Baju Murah” keyword jual baju murah ini harus sesuai dengan konten yang ada pada url website anda jangan sampai keyword yang anda pasang jual baju murah namun isi dari konten website tersebut jual laptop atau barang elektronik, dengan keyword dan konten yang tidak sesuai selain akan mengecewakan visitor yang datang ke website anda anda juga berkesempatan mendapatkan hukuman dari google, Jadi cocokkan antara keyword dan konten website anda.
Disini akan saya jelaskan secara singkat bagaimana mencari keyword dengan menggunakan google keyword tool, silahkan buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Masukan kata kunci yang anda inginkan, disini saya mencoba untuk mendapatkan detail dan turunan keyword lainya dari jual baju murah saya setting di opsi lokasi Indonesia karecna memang target keyword saya hanya untuk di Indonesia bahasa saya setting semua dan perangkat saya setting desktop dan laptop. Namun jika target keyword anda google.com maka anda ubah Negara pada opsi menjadi semua Negara  atau Amerika Serikat dan rubah bahasanya menjadi bahasa inggris.



Disini dapat kita lihat bahwa kata kunci jual baju murah memiliki persaingan tingkat menengah dengan penulusuran bulanan global 8.100, maksud dari penulusuran global adalah total pencarian dari seluruh Negara yang ada dan penulusuran bulanan lokal 6.600 dan maksud dari penulusuran bulanan lokal adalah total pencarian keyword ini di Indonesia. Jika melihat dari global dan lokal keyword ini sudah memenuhi syarat jumlah pencarianya dengan katagori saingan menengah jadi bisa di pastikan jika kita memilih keyword ini akan mendatangkan banyak visitor dan trafik ke website kita.
Lalu kemudian anda perhatikan di bagian selanjutnya ada beberapa ide keyword baru yang masih berhubungan dengan keyword jual baju murah seperti baju wanita, baju online, butik online,  dan lain-lain. Dalam tabel di atas kita bisa lihat tertera detail jumlah pencarian global dan lokal dengan begitu kita bisa memilih keyword yang jumlah pencarinya banyak, ingat semakin banyak jumlah pencari keyword tersebut semakin besar kemungkinan mendatangkan trafik ke website anda.
Setelah itu anda cek kembali jumlah Real Kompetitor keyword tersebut di google.co.id (karena target keyword jual baju murah adalah Indonesia) dengan cara mengetikkan keyword tersebut dengan menggunakan tanda kutip “Jual Baju Murah”.


Dari sini kita bisa simpulkan jumlah kompetitor keyword jual baju murah ada 3.850.000, jumlah kompetitor seperti ini masih terjangkau usahakan memilih keyword dengan jumlah saingan yang masih dibawah 10000.000 agar memudahkan anda dalam mengerjakan SEOnya tapi jika memang anda sudah merasa mampu dengan jumlah kompetitor di atas 10000.000 tidak ada masalah.
            Selain dengan menggunakan google keyword tool khususnya pemain adsense anda dapat menggunakan fasilitas gratis yang disediakan oleh google yaitu google trends fungsi dari google trends adalah untuk mendapatkan keyword yang sedang populer saat ini atau anda juga dapat mensetting tanggalnya agar dapat memilih keyword-keyword yang populer sesuai dengan tanggalnya masing-masing



Dari gambar di atas kita bisa lihat ada 10 keyword yang sedang populer saat ini jika anda ingin lihat lebih dari 10 keyword yang di tampilkan silahkan klik tautan More Hot Searches untuk menampilkan hasil yang lebih banyak, metode ini dapat anda gunakan untuk mendapatkan keyword-keyword yang sedang populer, jangan lupa setelah anda mendapatkan keyword yang pas dengan keinginan anda, anda cek kembali keyword tersebut di google keyword tool untuk mendapatkan hasil pencarian global, lokal dan CPC (Cost per Click) yang akurat.
            Untuk para pemain adsense untuk mendapatkan estimasi CPC (Cost Per Click) anda harus login terlebih dahulu di google keyword tool, mengecek CPC sangat penting sekali karena dari sini kita bisa mengetahui berapa kira-kira biaya per klik dari iklan adsense yang dipasang di website kita sehingga kita bisa memilih keyword mana saja yang memiliki CPC tinggi dan menghindari keyword yang memiliki CPC rendah dari gambar dibawah ini kita bisa liat keyword News Channel 5 memiliki persaingan rendah namun dengan pencarian global dan lokal yang sangat tinggi ditambah dengan CPC 1.472



Agar lebih mengoptimalkan proses SEO anda bisa memilih keyword on domain, apa itu keyword on domain? Keyword on domain adalah menyamakan antara keyword dan domain anda misalkan anda tertarik dengan keyword jual baju murah maka sebaiknya anda memilih domain http://jualbajumurah.com atau jika anda menggunakan blogspot/wordpress http://jualbajumurah.blogspot.com dengan metode ini akan mempermudah proses SEO website anda karna domain dan keyword yang anda pasang sesuai.
Jika tahap keyword on domain sudah anda selesaikan sekarang anda tinggal mengisi konten website anda ingat sesuaikan konten website anda dengan keyword yang sudah anda tetapkan. Jangan lupa selau membuat konten original pada website anda ada istilah “Content is The King” atau konten adalah raja karena yang membuat sebuah website itu menarik atau tidaknya ditentukan dari konten website tersebut semakin unik dan original kontennya maka semakin senang juga orang datang untuk membaca konten-konten tersebut di website anda. Kembali ke original konten usahakan anda membuat konten yang original karena dari sini google pertama kali menilai website anda semakin original konten anda semakin besar nilainya di mata google dan semakin mudah juga proses SEOnya dan pastinya anda akan terhindar dari duplicat content penalty.

0 comments:

Post a Comment

Komen yang tidak sesuai akan dihapus

Recent post

Share